Breaking News
Jelang Lebaran, Ini Cara Bedakan Daging Celeng dengan Daging Sapi Asli

Jelang Lebaran, Ini Cara Bedakan Daging Celeng dengan Daging Sapi Asli

[ad_1]

Untuk mengetahui perbedaaan antara daging celeng dan daging sapi asli, ada baiknya masyarakat lebih teliti saat berada di pusat penjualan daging.

Apalagi momen Ramadan dan jelang Lebaran biasanya dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk mengedarkandaging celeng (babi hutan) di pasaran.

“Ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok antara dagingceleng (babi hutan) dengan daging sapi asli. Satu diantaranya menyangkut tekstur daging,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Sumatera Utara Parmohonan Lubis saat dihubungi, Jumat (17/6/2016).

Ia mengatakan, daging celeng cendrung memiliki lemak yang cukup tebal dan lembek.

Biasanya, lemak menempel di daging.

“Kalau daging sapi, seratnya itu lebih besar, dan bentuknya agak padat dan kaku. Beda dengan daging celeng yang seratnya tampak samar, dan dagingnya lembek. Kemudian, lemak dagingsapi cenderung tidak terlalu menempel di daging,” kata Parmohonan.

Perbedaan yang kedua, kata dia, bisa dilihat dari masih menempelnya kulit celeng pada daging. Beda dengan sapi yang ketika dipotong kulitnya dipisahkan dengan daging.

“Kalau daging celeng, biasanya kulit masih menempel. Itukan kulitnya tipis, beda dengan sapi yang kulitnya tebal sehingga harus dikuliti saat dipotong,” kata dia.

Kemudian, lanjut Parmohonan, perbedaan yang mencolok lainnya terdapat pada warna.

Daging sapi cenderung memiliki warna yang cerah, sementaradaging celeng itu lebih pucat.

“Daging celeng itu bisa diketahui jika direndam. Jika kulitnya tidak dikerok, maka saat perendaman akan terlihat. Namun, jika kulitnya ikut dikerok, maka agak susah memang membedakannya. Untuk itu, masyarakat harus lebih teliti dan cermatlah,” katanya.

Parmohonan menyarankan, ada baiknya masyarakat membeli daging sapi di tempat-tempat yang memang sudah dijamin mutunya oleh pemerintah.

Ia juga menganjurkan untuk membeli daging sapi di tempat penjualan yang sudah memiliki sertifikat dagang.

(Sumber:http://medan.tribunnews.com)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*