Breaking News
Kemuning, Tanaman Hias yang Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

Kemuning, Tanaman Hias yang Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

[ad_1]

Kemuning (Murraya paniculata L.) biasa dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah dan memiliki nama Inggris Orange Jasmin. Lebih dahsyatnya lagi, bunga ini sering dijadikan bahan alami jamu yang berkhasiat melangsingkan tubuh.

Mengutip dari wikiherb.info, Senin, 16 April 2016, berikut adalah beberapa manfaat dari bunga kemuning untuk tubuh.

1. Melangsingkan badan

Daun kemuning dipercaya dapat melangsingkan tubuh apabila diolah menjadi jamu. Cara mengolahnya, ambil daun kemuning dan mengkudu segenggam penuh, serta setengah jari kelingking temu giring untuk ditumbuk halus.

Tambahkan satu cangkir air matang untu kemudian diaduk rata. Peras dengan sepotong kain, air yang terkumpul diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Ramuan ini akan membuat langsing badan Anda jika diminum secara rutin.

2. Menghaluskan kulit

Selain itu, daun kemuning dipercaya dapat menghaluskan kulit. Caranya, cuci daun kemuning segar sebanyak 30 gram lalu tumbuk sampai rata. Tambahkan air bersih satu gelas sambil diaduk rata.

Setelah selesai, lulurkan pada kulit sebelum tidur. Melakukannya secara teratur akan menghaluskan kulit Anda.

3. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing adalah hal yang sangat tidak nyaman. Ternyata meminum jamu dari daun kemuning dapat meredakannya.

Caranya, ambil daun kemuning segar sebanyak 35 gram lalu cuci. Setelah itu tambahkan tiga gelas air bersih untuk direbus sampai airnya hanya tersisa separuhnya. Setelah dingin disaring dan diminum tiga kali sehari, masing-masing setengah gelas.

4. Mengobati Sakit gigi

Selain dibuat jamu, ternyata tanaman hias ini dapat meredakan sakit gigi. Caranya, bakar minyak yang keluar dari kulit batang kemuning lalu diteteskan ke dalam gigi yang berlubang. Ajaib, setelah melakukan hal ini, sakit gigi akan reda.

Selain keempat hal di atas, kemuning dapat dimanfaatkan untuk melancarkan haid, radang kelamin, rematik, bisul, bahkan menghilangkan memar.

Nah, mudah sekali bukan membuat jamu? Segerelah tanam bunga kemuning di perkarangan rumah Anda. Bisa menjadi hiasan dan sebagai obat, kalau tidak sekarang, kapan lagi? 

(Sumber:http://www.money.id/fresh/kemuning-tanaman-hias-yang-ampuh-jadi-bahan-alami-jamu-1604182.html)

[ad_2]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*